Fundamental Balance Score Card

Posted on 25/05/2011 by


Overview
Manajemen kinerja perusahaan akan sangat bergantung pada metodologi penilaian kinerja yang memandang kepada rencana strategis perusahaan dimasa yang akan datang. Dengan suatu konsep manajemen yang tepat, rencana strategis perusahaan akan berjalan dengan baik. Salah satu konsep manajemen yang dapat membantu menterjemahkan rencana strategis ke dalam tindakan, yakni Balance Scorecard. Dalam Balance Scorecard perspektif mengenai investasi dalam jangka panjang untuk pelanggan, pembelajaran dan pertumbuhan karyawan termasuk manajemen, dan proses bisnis internal demi memperoleh hasil-hasil financial yang memungkinkan perkembangan organisasi bisnis ke tingkat yang baik.

Objective & Benefit

  • Dalam pelatihan ini peserta akan belajar secara praktis untuk melakukan pengukuran kinerja perusahaan berbasis Balance Score Card dan merumuskan Key Performance Indicator BOD, Directors, dan Managers untuk mencapai visi dan melaksanakan misi perusahaan serta fokus pada strategi.
  • Memahami konsep dasar Balance Score Card sebagai sistem manajemen untuk mencapai visi, melaksanakan misi, menjalankan nilai dan sasaran perusahaan.
  • Mengklarifikasi dan menerjemahkan visi dan strategi perusahaan.
  • Menyamakan persepsi seluruh jajaran di perusahaan sehingga dapat menjalankan langkah strategis dengan fungsi lainnya dalam manajemen sehari-hari.
  • Mengkomunikasikan tujuan strategis dalam ukuran-ukuran kinerja.
  • Merencanakan dan menetapkan target yang selaras dengan inisiatif (program) stategis.

Target Peserta

Program Workshop ini ditujukan bagi CEO, General Manager, Manager, Asisten Manajer, Supervisor.

Durasi Pelatihan

3 Hari | 18 Jam

Metode

  • 25% materi konsep
  • 10% teori berdasarkan literatur praktisi
  • 40% latihan pengisian form dan dokumen standar
  • 25% studi kasus dan demo software

Materi Pelatihan

  1. Prinsip dan Konsep Balance Scorecard (BSC)
  2. Visi, Misi, dan Nilai Perusahaan
  3. Proses Penyusunan Balanced Scorecard
  4. Perspektif BSC
    • Financial Perspective
    • Customer Perspective
    • Internal Process Perspective
    • Learning & Growth Perspective
  5. Scorecard untuk SDM
  6. Membuat Peta Rencana Strategis
  7. Key Performance Indicators (KPI)
  8. The Strategic Map
    • The Strategy” using a “Cause and Effect”
    • Ukuran Hasil Strategis (Lag Indicator)
    • Pendorong Kinerja (Lead Indicator)
    • Inisiatif strategis
  9. Langkah-Langkah Implementasi Balanced Scorecard
  10. Strategic Objectives and Exercise
  11. Strategic Initiatives and Exercise
  12. Workshop & Action Plan BSC

Profil Trainer

Djadja Achmad Sardjana

  • Council Member | Gerson Lehrman Group
  • Division Head | Sampoerna Telekomunikasi Indonesia
  • Senior Manager | Motorola, Inc., MWEB, Inc.
  • IT Manager | Ariawest International
  • Lecturer | Sekolah Tinggi Telekomunikasi Telkom

Fasilitas

  • Ruang pelatihan yang nyaman
  • Makan siang dan coffee break
  • Training Kit
  • Sertifikat
  • Sovenir

Biaya

Rp 3.900.000,-

Registrasi