IT Services Standard for Higher Education

Posted on 09/06/2011 by


Latar Belakang

Teknologi Informasi (TI) merupakan unsur penunjang akademik di tingkat perguruan tinggi  yang berfungsi memfasilitasi pengembangan institusi tersebut  sebagai suatu pusat pengetahuan dan komunitas pengetahuan. Selayaknya ada sebuah lembaga/pengelola yang menyiapkan, mengelola dan mengembangkan: infrastruktur teknologi informasi, data dan informasi, memfasilitasi pembangunan dan pengembangan sistem informasi, memfasilitasi penerapan teknologi Informasi yang disertai pelayanan terhadap kebutuhan teknologi informasi untuk kebutuhan civitas academica perguruan tinggi tersebut.

Sehingga lembaga/pengelola layanan TI dapat menjadi aset strategis di bidang layanan ketersediaan sistem informasi yang terintegrasi guna menggerakkan peningkatan produktifitas dan keunggulan kompetitif institusi.

Oleh karena itu, maka ITB berinisiatif untuk menyelenggarakan seminar yang tujuannya memberikan sharing pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana mengelola, menyediakan dan memanfaatkan informasi, terutama yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dibutuhkan institusi pendidikan tinggi agar dapat mencapai keistimewaan (excellence) dalam pengajaran, pembelajaran, penelitian, dan pelayanan/pemberdayaan kepada masyarakat.

Tujuan Seminar

Dalam Seminar ini peserta akan mandapatkan sharing knowledge praktisi dan penanggung jawab layanan Teknologi Informasi di ITB, dengan studi kasus pengembangan teknologi informasi di ITB mulai dari layanan yang disediakan, aplikasi yang digunakan untuk memberikan layanan sampai bagaimana infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung layanan dan aplikasi tersebut.

Objektif Seminar

Setelah seminar ini peserta akan memiliki :

  1. Pengetahuan tentang Pengalaman dan Pengetahuan tentang Layanan Teknologi Informasi di ITB yg bisa dijadikan standard.
  2. Pengetahuan Spesifikasi Layanan IT di ITB, dari Hulu sampai Hilir atau dari Infrastructure sampai ke End User.
  3. Gambaran tentang Apasaja yang harus dilakukan untuk mengembangkan Layanan IT.
  4. Gambaran dan memahami bagaimana mengelola Layanan IT.
  5. Kemampuan dalam memetakan kondisi Layanan IT di institusi masing-masing.
  6. Kemampuan merumuskan konsep pengembangan Layanan IT yang cocok bagi institusi masing-masing.

Seminar ini ditujukan untuk para staf institusi dibagian :

  1. Penanggung jawab Layanan Teknologi Informasi
  2. Staf Pengelola Layanan Teknologi Informasi

Durasi

2 Hari

Materi

  • Hari ke-1
  1. Kebjijakan Institusi terhadap Implementasi Teknologi Informasi : Basuki Suhardiman – Kepala Unit Sumber Daya Informasi ITB
  2. Pengembangan Aplikasi Teknologi Informasi untuk Institusi Perguruan Tinggi : Mugi Sugiarto – Kepala Pengembangan Aplikasi Teknologi Informasi ITB
  3. Pelayanan Teknologi Informasi untuk Civitas Academica : Iyan Sofyan – Kepala Layanan Teknologi Informasi ITB
  4. Pengembangan Website Institusi : Bennirio H. – Web Administrator ITB
  • Hari ke-2
  1. Pembangunan Infrastruktur Teknologi Informasi : Affan Basalamah – Kepala Infrastruktur Jaringan dan Komputer ITB
  2. Best Practice e-Learning ITB : Hadwi Soendjojo – Dosen ITB

Jadwal Seminar

14 – 15 Juli 2011

Biaya

Rp. 500.000,- / peserta

Registrasi

Direct Contact

Danial | 0813 9447 8276 | danial@comlabs.itb.ac.id

Posted in: Seminar