Standarisasi Infrasturktur IT Pendukung e-Government

Posted on 10/06/2011 by


Latar Belakang

Teknologi informasi berkembang dengan sangat pesat. Informasi telah menjadi komoditas yang permintannya tidak lagi berbatas ruang dan waktu. Dalam era ini, pengelolaan dan pendayagunaan informasi menjadi hal yang amat penting. Tidak berlebihan jika diramalkan dalam kehidupan kita di masa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi akan menjadi sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.

Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Hal ini membuat teknologi informasi digunakan dalam berbagai sektor kehidupan. Sektor pemerintahan merupakan pendorong serta fasilitator dalam keberhasilan berbagai kegiatan pembangunan, oleh karena itu keberhasilan pembangunan harus didukung oleh kecepatan arus data dan informasi antar instansi agar terjadi keterpaduan sistem antara pemerintah dengan pihak pengguna lainnya.

Pengembangan e-government merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien. E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya.

Salah satu unsur yang harus ada di dalam e-government adalah infrastruktur IT sebagai penunjang keberlangsungan e-government itu sendiri. Infrastruktur IT berfungsi untuk mewadahi aplikasi-aplikasi dan layanan-layanan e-government yang dijalankan oleh pihak pemerintah dan memberikan akses layanan kepada masyarakat, sebuah layanan e-government yang handal tidak bisa lepas dari sebuah infrastruktur IT yang handal, terdesain, terimplementasi dan terpelihara secara baik sesuai dengan standar.

Tujuan Pelatihan

Dalam workshop ini peserta akan memahami konsep implementasi infrastruktu teknologi informasi sesuai dengan standar e-Government.

Objektif Pelatihan

Setelah pelatihan ini peserta akan memiliki kemampuan :

  • Mengerti kebijakan e-government
  • Mengerti konsep desain infrastruktur IT
  • Mampu membuat blueprint untuk meembangun infrastruktur IT penunjang e-government di institusi masing-masing

Pelatihan ini ditujukan untuk para staf institusi dibagian :

  1. Kepala/Wakil Kepala Dinas
  2. Kepala/Wakil Kepala Bagian
  3. Staf IT / Puskominfo Pemerintahan Daerah

Durasi

2 Hari

Materi

  • Hari ke-1
  1. Kebijakan e-government
  2. Aplikasi e-government
  3. E-government dan infrastruktur IT
  4. Standarisasi infrastruktur IT
  • Hari ke-2
  1. Solusi server dan application server untuk layanan e-government (I)
  2. Membangun dan memelihara Infrastruktur jaringan komputer
  3. Manajemen infrastruktur IT
  4. Diskusi dan tanya jawab

Jadwal Pelatihan

20 – 21 Juli 2011

20 – 21 September 2011

23 – 24 November 2011

20 – 21 Desember 2011

Biaya

Rp. 2.500.000,- / peserta

khusus untuk program InHouse Training (di tempat peserta)

Rp. 25.000.000,- (15 peserta)

Rp. 40.000.000,- (25 peserta)

*biaya belum termasuk biaya akomodasi selama training, yang akan disediakan panitia InHouse

Registrasi

Posted in: Training