Sistem Informasi Pengelolaan Database Pemerintahan Daerah berbasis MS Access

Posted on 15/06/2011 by


Latar Belakang

Kualitas suatu perencanaan dan pengelolaan pembangunan di daerah tidak lepas dari ketersediaan data dan informasi yang memadai. Hal ini beralasan karena dukungan data dan informasi tersebut dapat memberikan gambaran yang menyeluruh terhadap berbagai permasalahan pembangunan yang perlu disikapi melalui alternatif-alternatif kebijakan dan tindakan operasional untuk mengatasinya. Selain itu, data dan informasi baik pada aspek makro wilayah maupun sektoral sering digunakan untuk berbagai kepentingan lainnya dan oleh karenanya merupakan salah satu bagian dari kebutuhan dan pelayanan publik.

Pada aspek ini, standar kualitas pelayanan data dan informasi perlu selalu ditingkatkan baik sistem pengelolaan atau manajemen data, maupun jenis-jenis datanya. Dalam konteks ini, salah satu aspek yang menjadi prasyarat utama adalah adanya suatu sistem database yang terintegrasi dengan dukungan pengembangan teknologi yang aplikatif, sederhana dan mudah dikembangkan. Pengelolaan database sektoral secara manual yang dilaksanakan selama ini telah menimbulkan berbagai permasalahan baik pada aspek kepuasan masyarakat maupun penyelenggaraan pemerintahan itu sendiri.

Perkembangan IT menentukan standar baru kebutuhan masyarakat akan pelayanan administratif dan komunikatif dalam penyelengaraan sistem pemerintahan, baik untuk tataran pusat maupun daerah. Keberadaan suatu sistem aplikasi database yang terotomatis & sistematis pendukung pelayanan masyarakat oleh pemerintah daerah merupakan suatu upaya strategis dalam pencapaian standar dan kepuasan pelayanan pada masyarakat.

Tujuan Pelatihan

Dalam pelatihan ini peserta akan memahami database berbasis MS. Access lebih mudah dan aplikatif, sehingga pengelolaan data menjadi lebih baik dan terstruktur.

Objektif Pelatihan

Setelah Pelatihan ini peserta akan memiliki kemampuan :

  1. Menciptakan suatu sistem pengelolaan database melalui pengembangan aplikasi software database menggunakan Software Ms.Access berdasarkan pendekatan urusan pemerintahan.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparatur daerah dalam mengoperasikan dan mengembangkan aplikasi software database sesuai kebutuhan.
  3. Tiap daerah akan memiliki aplikasi software database berdasarkan pendekatan urusan pemerintahan yang dapat di customized sesuai kebutuhan masing-masing daerah.

Pelatihan ini ditujukan untuk para staf institusi dibagian :

  1. Administrasi.
  2. Pengelola Data.

Prasyarat :

  1. Familiar bekerja menggunakan Komputer.
  2. Familiar bekerja menggunakan software database MS. Access

Trainer

Noval N. Talani, dosen dan profesional dibidang teknologi infomasi, khususnya sistem informasi berbasis web. Mengembangan aplikasi sistem infomasi untuk beberapa instansi pemerintahan daerah.

Durasi

3 Hari

Materi

Silabus

Jadwal Pelatihan

13 – 15 Juli 2011

20 – 22 September 2011

22 – 24 November 2011

20 – 22 Desember 2011

Biaya

Rp. 3.950.000,- / peserta

khusus untuk program InHouse Training (di tempat peserta)

Rp. 52.500.000,- (15 peserta)

Rp. 75.000.000,- (25 peserta)

*biaya belum termasuk biaya akomodasi selama training, yang akan disediakan panitia InHouse

Registrasi

Posted in: Training