e-Learning for Corporate

Posted on 17/06/2011 by


Latar Belakang

Seiring semakin menjamurnya penggunaan internet dan teknologi multimedia, metode pelatihan konvensional mulai tergantikan dengan pendekatan Sistem Manajemen Pelatihan berbasis e-learning. Sebuah survey oleh majalah Forbes 500 edisi Juni 2006 menunjukkan bahwa hampir 60% perusahaan di Amerika dan Eropa telah atau mulai mengimplementasikan Sistem Manajemen Pelatihan berbasis E-learning di perusahaan mereka.

Sistem manajemen pelatihan ini telah memberikan manfaat-manfaat finansial & non finansial yang cukup signifikan bagi perusahaan-perusahaan yang mengadopsinya dalam mendukung kegiatan learning centernya. Sistem Manajemen Pelatihan berbasis E-learning dipandang sangat menjanjikan dengan keunggulan dari segi anywhere, anytime, dan anypace. Terlebih lagi, bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang/ unit kerja/ unit bisnis yang terpisah jauh dari kantor pusat & tersebar di berbagai lokasi/ daerah, seperti BUMN atau perusahaan swasta nasional & multinasional.

Dengan E-learning, biaya training perusahaan dapat secara substansial direduksi dan dari segi waktu lebih efisien dimana pegawai tidak perlu meninggalkan tempat kerja di hari kerja. Dengan E-learning, segenap pegawai mendapatkan hak dan kesempatan yang sama dalam aspek training, sesuai dengan tuntutan kompetensi jabatannya.

Namun demikian, perusahaan-perusahaan di Indonesia masih belum memanfaatkan secara optimal potensi & manfaat-manfaat finansial dan non­finansial sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning bagi learning centernya. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah adanya anggapan kompleks dan rumitnya mengembangkan & mengelola sistem manajemen pelatihan tersebut dalam mendukung pelaksanaan kegiatan learning center perusahaan, sesuatu hal yang justru akan ditunjukkan bahwa anggapan tersebut tidak benar dalam workshop ini.

Tujuan Workshop

Sasaran pokok workshop ini adalah untuk membantu perusahaan menjawab permasalahan-permasalahan berikut : Bagaimana menyiapkan strategi kebijakan (policy) untuk mengembangkan sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning pada sebuah learning center perusahaan.

Objektif Workshop

Setelah workshop ini peserta akan memiliki kemampuan :

  • Bagaimana mendesain secara efektif & efisien sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning dalam mendukung pelaksanaan kegiatan learning center perusahaan.
  • Apa saja infrastruktur (sarana & prasarana) yang dibutuhkan untuk membangun atau mengembangkan sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning di sebuah learning center perusahaa.
  • Bagaimana kiat-kiat praktis (best practices) mewujudkan manfaat-manfaat finansial & non finansial bila perusahaan menjalankan sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning.
  • Bagaimana mengevaluasi efektivitas pelaksanaan kegiatan pelatihan berbasis E-learning dalam mendukung kegiatan learning center perusahaan.

Peserta Workshop

Workshop ini ditujukan untuk para staf institusi dibagian :

  1. Pimpinan Puncak Perusahaan
  2. Para Eksekutif
  3. Manajer Sumberdaya Manusia
  4. Manajer Learning Center
  5. Asisten Manajer dan praktisi bidang SDM

Durasi

3 Hari | 18 Jam

Materi

  • Konsep sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning dalam mendukung kegiatan learning center perusahaan.
  • Prinsip-pinsip perancangan & pengelolaan sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning.
  • Perancangan sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning dalam mendukung kegiatan learning center perusahaan.
  • Simulasi desain sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning.
  • Kiat-kiat (best pactices) pengelolaan sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning.
  • Evaluasi efektivitas implementasi sistem manajemen pelatihan berbasis E-learning dalam mendukung kegiatan learning center perusahaan.
  • Studi kasus di perusahaan BUMN dan swasta nasional.

Investasi Rp. 4.500.000,-

Registrasi

Posted in: E-Learning, Training