E-Procurement berbasis ICT

Posted on 19/12/2011 by


Training Overview

e-Procurement adalah proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik yang berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum, pra-kualifikasi dan sourcing secara elektronik dengan menggunakan modul berbasis website.

Proses Pengadaan barang dan jasa yang dilakukan dengan menggunakan e-procurement secara signifikan akan meningkatkan kinerja, efektifitas, efisiensi, transparansi, akuntabilitas transaksi yang dilakukan, selain itu biaya operasional dapat dikurangi secara signifikan karena tidak diperlukan lagi penyerahan dokumen fisik dan proses administrasi yang memakan waktu dan biaya.

Training Objective

  1. Memahami prinsip, konsep, dan manfaat e-procurement
  2. Memahami cara kerja aplikasi e-procurement
  3. Memahami konsep arsitektur pengembangan system
  4. Memahami tahapan pengembangan system dan modul
  5. Memahami bagaimana proses menyeleksi, memilih, dan mengevaluasi kinerja provider IT
  6. Merancang dan mengawasi implementasi pengembangan e-Procurement

Training Participant

  1. Supply Chain, Procurement/Purchasing, Komite Pembelian,
  2. MIS, System Analyst, dan IT
  3. Internal Auditor, Internal Control, Compliance Unit
  4. Supervisor/Manager yang terlibat dalam proses procurement dan pengembangan system
  5. Serta siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi mereka di bidang ini.

Training Methods

Class presentation, discussion, study analysis, dan video presentation, dengan konsep:

  1. 10% teori berdasarkan literatur praktisi
  2. 20% menggunakan Demo Aplikasi Software
  3. 30% analisa best practices dan benchmarking antar industry
  4. 40% studi kasus nyata dan diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta

Training Content

  1. e-Procurement Review
  2. Procurement Phases
  3. e-Procurement & Vendor/Supplier Relationship Management
  4. IT Vendor Selection
  5. Memahami Arsitektur IT dalam e-Procurement System
  6. e-Procurement System Configuration
  7. e-Procurement Application Software Demo & Trial
  8. System Security & e-Audit

Training Duration

Dilaksanakan selama 3 (tiga) hari kerja dimulai sejak pukul 09.00 hingga 16.00 dengan diselingi 2 (dua) kali istirahat coffee break dan 1 (satu) kali istirahat lunch break.

Trainer Profile

Deni Danasenjaya

  1. Member of Consultant Team, PT. Pertamina EP – Lean SCM Improvement Project, 2011 – now
  2. Consultant Partner at  PT Khazanah Mitra Sinergi – Jakarta &  PT. Metasistem Solusi – Bandung, 2010 – now
  3. Islamic Relief Indonesia, Logistic & Procurement Manager, 2006 – 2009
  4. PT. Citra Transport Logistic, Assistant Manager, 2003 – 2006
  5. PT. Inter-Pacific Bank Tbk., Trade Finance Officer,  1995 – 1999
    PT. Bank Niaga Tbk., Exim Staff, 1993 – 1995
  6. Founder PT. Metasistem Solusi, 2008 – now
  7. Instruktur IT Course, ComLabs ITB, 2010 – now
  8. Konsultan IT Rumah Zakat, 2007 – 2009
  9. Konsultan IT AusAID, 2007 – 2008
  10. Founder & Chairman PT. Awakami, 2005 – 2008
  11. Founder & Director PT. Bandung InfoTech, 2000 – 2005
  12. Arthur Andersen Consulting, Programmer, 1999 – 2000
  13. IT Developer, 1997 – 1999
  14. Meraih 2 (dua) penghargaan tingkat nasional:
    1. Open Source Category Winner INAICTA (Indonesia Information Communication Technology Award) 2010 oleh Kementrian Kominfo Republik Indonesia
    2. Enterprises Category Winner Telkom Indigo Fellowship 2010 oleh PT. Telkom, Tbk

Investment: Rp 4.250.000,-

Registration