IT Operational Plan

Posted on 19/12/2011 by


Training Overview

Aspek operasional perencanaan dan penerapan ICT (information & communication technology) di lingkungan korporasi/organisasi masih sangat lemah dan cenderung tambal sulam.  Hal ini menyebabkan investasi ICT korporasi/organisasi menjadi sulit diukur dan dikendalikan.

Padahal saat ini sudah sedemikian banyak best-practices/framework yang dapat dimanfaatkan supaya investasi korporasi/organisasi di bidang IT bisa direncanakan dan dikendalikan dengan baik serta dapat diukur nilai manfaatnya dari waktu ke waktu.

Training Objective

Dalam pelatihan ini para peserta dilatih untuk memahami setiap best-practices/framework yang terkait dengan IT Operational Plan dan mengadaptasikannya dengan kebutuhan korporasi/organisasi yang dipimpinnya.

Manfaat Pelatihan:

  1. Memahami best-practices/framework yang sudah diakui secara internasional yang terkait dengan aspek IT Operational Plan.
  2. Memahami prinsip dan cara kerja sebuah sistem informasi berbasis ICT (information & communication technology) saat ini yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung rencana strategis dan taktis korporasi/organisasi.
  3. Memahami bagaimana menempatkan dan posisi IT di dalam lingkungan korporasi/organisasi
  4. Memahami bagaiaman meletakkan dasar-dasar operasional manajemen sumber daya dengan memanfaatkan ICT.
  5. Mampu membangun tata-kelola (governance) IT dari sisi operasional.
  6. Mampu melakukan Manajemen Proyek IT.
  7. Memahami prinsip seleksi dan pengendalian vendor yang direkrut.

Training Participant

  1. CEO (Chief Executive Officers)/CIO (Chief Information Officers)/CTO (Chief Technology Officers)
  2. Anggota Dewan Direksi terutama yang terkait dengan Operasional/Perencanaan/Sumber Daya Manusia/Program/Teknologi Informasi.
  3. Ketua Komite Teknologi Informasi
  4. Manajer Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Operasional
  5. Kepala Departemen Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Operasional
  6. Manajer Proyek Teknologi Informasi/Sistem Informasi/Operasional
  7. Serta siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi mereka di bidang ini.

Training Methods

Class presentation, discussion, study analysis, dan video presentation, dengan konsep:

  1. 10% teori berdasarkan literatur praktisi
  2. 50% latihan pengisian form dan dokumen standar
  3. 40% studi kasus nyata dan diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta

Training Content

  1. Fungsi dan tugas pokok tim IT helpdesk dan dukungan teknis
  2. Management pekerjaan tim IT helpdesk dan dukungan teknis
  3. Hardware  PC dan laptop
  4. Dasar-dasar operating system
  5. BIOS
  6. Virus, malware dan pencegahannya
  7. Sistem backup data
  8. Printing system
  9. Dasar-dasar troubleshooting jaringan komputer
  10. Dasar-dasar troubleshooting Personal computer
  11. Pemeliharaan rutin perangkat IT
  12. Pemilihan dan pembelian perangkat komputer
  13. Standarisasi installasi software di dalam komputer
  14. Local area network deployment
  15. Wireless access point deployment

Training Duration

Dilaksanakan selama 3 (tiga) hari kerja dimulai sejak pukul 09.00 hingga 16.00 dengan diselingi 2 (dua) kali istirahat coffee break dan 1 (satu) kali istirahat lunch break.

Trainer Profiles

Setiabudi:

  1. Founder PT. Metasistem Solusi, 2008 – now
  2. Instruktur IT Course, ComLabs ITB, 2010 – now
  3. Konsultan IT Rumah Zakat, 2007 – 2009
  4. Konsultan IT AusAID, 2007 – 2008
  5. Founder & Chairman PT. Awakami, 2005 – 2008
  6. Founder & Director PT. Bandung InfoTech, 2000 – 2005
  7. Arthur Andersen Consulting, Programmer, 1999 – 2000
  8. IT Developer, 1997 – 1999
  9. Meraih 2 (dua) penghargaan tingkat nasional:
    1. Open Source Category Winner INAICTA (Indonesia Information Communication Technology Award) 2010 oleh Kementrian Kominfo Republik Indonesia
    2. Enterprises Category Winner Telkom Indigo Fellowship 2010 oleh PT. Telkom, Tbk

Investment: Rp 4.250.000,-

Registration